Posts Tagged ‘pikiran’

ITB, 2016

Posted by

Hello, my old dream

ITB, mungkin versi 2016-nya.

ya rabbi, aku berlindung dari ketidaktahuan ku.

Masa – masa Supremasi

Posted by

Beberapa hari kemarin, alhamdulillah masih dikasih kesempatan untuk jalan – jalan. walau cuma ke salahsatu perguruan tinggi ternama di Indonesia….. sebut saja Universitas Indonesia.

Tujuannya, sebetulnya mau beli buku, tapi sekalian cuci mata, dan cuci telinga. dan menyempatkan diri buat shalat jumat di sana. dan asyiknya, khotbahnya bagus ! jadi perjuangan ke UI, panasnya Depok, padetnya kereta, dan tingginya kecepatan jalan seorang Ikbal Faturohman yang bikin empot – empotan. jadi sebanding. jadi, gue pikir bagusnya juga buat di share sekalian disini.

Khutbah ini disampaikan oleh seorang dosen Hukum. cuma lupa namanya. dan, karena ga nyatet … gue berusaha untuk rekomposisi, semoga ga jauh beda.

Apabila bulan ramadhan datang maka pintu – pintu langit dibuka sedangkan pintu – pintu jahannam ditutup dan setan – setan dibelenggu (HR. Bukhari dan Muslim)

hadist tersebut mungkin menjadi salah satu gambaran mengapa ramadhan dikatakan syahrul syiam (Bulan yang mulia). ada tindakan spesial yang dilakukan oleh Allah, yang tidak terjadi dibulan – bulan lainnya. sampai – sampai Dr. Yusuf Qardhawi menganalogikan bulan ramadhan adalah sebuah pekan raya bagi orang – orang yang bertaqwa.

Read More

Qadhaya (Permasalahan) Dakwah Sekolah

Posted by

Seiring dengan berjalannya waktu, para aktivis dakwah sekolah siswa (ADSS) bertransformasi menjadi Aktivis Dakwah Sekolah Alumni (ADSA). dan, tentu saja dengan berubahnya status mereka dari pelaku teknis menjadi konseptor seharusnya mulai merubah cara gerak dan pikir mereka seratus delapan puluh derajat.

Oleh karena itu, tulisan ini dibuat untuk para al-akh alumni pejuang dakwah sekolah yang mulia, semoga seluruh permasalahan yang dipaparkan disini bisa menjadi gambaran tantangan kedepan dan solusi yang terbaik bisa dihasilkan.

Berbicara soal, dakwah sekolah maka ada banyak hal yang bisa kita lakukan dalam rangka menggarap lahan dakwah yang satu ini. tapi, ada satu permasalahan yang dirasa sangat krusial dan sering terjadi, yaitu Kaderisasi Alumni

persoalan kaderisasi ini bukanlah persoalan yang mudah, karena berbicara soal kuantitas dan kualitas. kuantitas yang besar pada kekuatan ADSA secara langsung mempengaruhi sejauh mana sebuah Forum Alumni bisa bergerak, Sedangkan kualitas yang mumpuni secara langsung mempengaruhi sejauh mana Forum Alumni bisa berdaya guna.

Read More

Question Mark

Posted by

Semester 2 mendekat berakhir …… artinya, semakin dekat juga ke masa tahun kedua gue kuliah. tapi, sebelum menjadi itu, gue masih punya satu pertanyaan besar yang belum pernah berhasil gue resolved dari SMA :

 

Soal -apa yang disebut- bargaining position.

 

bargaining position itu nantinya berpengaruh terhadap kebaikan yang bisa dicapai terhadap lingkungan sekitar. jadi, kurang lebih barganing position memang berbicara soal fungsionalitas kita.

tapi, yang menjadi pilihan sulit adalah apakah cara memperbesar bargaining position harus selalu ‘mengalur dan mengalir’ ?

 

ikut nongkrong, kumpul, atau teriak – teriak di gym ?

terus, gimana dengan waktu berjam – jam yang terbuang tadi ?

Sedikit Posting tentang Postingan

Posted by

ada banyak penulis yang berpengaruh buat gue, sejak SMP….

yang pertama adalah Aditya Mulya,

dengan novel Jomblo nya, dia berhasil membuat gue tidak memperhatikan guru fisika selama 2 jam pelajaran.

terus, yang kedua adalah Radtya Dika.

novel yang pertama gue baca pas SMP adalah Cinta Brontosaurus. sukses banget ngebuat gue ketawa cekikikan sendiri di angkot. gue udah kayak anak kehilangan emak yang mengalami gangguan kejiawaan compleks.

dan yang ketiga adalah ust. Salim A. Fillah

bukunya yang pertama kali gue baca adalah Jalan Cinta Para Pejuang hasil fotokopian dari a ikbal …. hehehe, btw, entah kenapa semua buku yang a ikbal punya selalu berbau bidadari, cinta, surga. kagak akan jauh-jauh.

Read More