Posts Tagged ‘Organisasi’

#Gazing

Posted by

Sepotong Kue untuk Dibagi

yak, sebelum lebih jauh …. yang ingin gue share sidikit adalah kenapa harus jadi aktivis dakwah sekolah …..

kenapa ? dari semua ranah yang ada kenapa harus disekolah ?

Pertama,  alasannya sangat sederhana …karena yang baca ini semua adalah anak sekolah. dan lingkungan yang paling dekat dengan aktivitas lu adalah sekolah, maka secara rasional-logis dapat disimpulkan akan lebih mudah daripada kita pindah ke ranah dakwah lain.

Kedua, gue pun mau berbicara dari sisi lain. kita tahu bahwa Allah itu maha pengasih lagi maha penyayang. dia memberikan hidup kepada seluruh makhluk hidup di kolong langit ini. binatang, hewan tumbuhan, dan tentunya kita para manusia.

nah, dari semua nikmat yang diturunin sama Allah, ada nikmat spesifik yang diturunin cuma buat manusia, yaitu nikmat akal. binatang ga unya akal, begitu juga dengan tumbuhan. nah, dari nikmat akal yang diberikan tuhan cuma buat manusia, lebih fundamental lagi adalah nikmat iman. karena kita tahu, bahwa ga semua orang berakal didunia inim punya iman dalam dadanya. dan, yan harus kita syukuri adalah iman kita sifatnya given dari orangtua kita. mungkin kalo kita reverse time jadi orang tua kita adalah non-muslim, dapet hidayah itu sangat susah, dan pengorbanannya bisa jadi tidak sedikit.

nah, dari sini. diasumsikan bahwa kita adalah orang yang punya iman, maka pertanyaan terbesar kita adalah ‘Apa wujud rasa syukur kita terhadap hal ini ?’

Read More

Posting dengan Perut Keroncongan

Posted by

Leader and Followersgue kira tulisan ini memang dibuat atas dasar pemikiran dan tradisi merenung semata (karena memang gue tidak bergelut secara kental didalamnya) dan disini kebanyakan, gue bertindak sebagai orang ketiga diluar itu semua.

jadi, ya sok mangga kalo mau dikomen 🙂

 

Catatan : gue tahu, judulnya emang aneh ….. makanya gue jarang mau berpikir ataupun ngapain – ngapain …. terutama kalo LAPER ! jadi, gue sangat berterima kasih bagi yang mau ngasih ide buat judul …..


Siyasi dan Syi’ar

Oke, 2-2nya ini adalah bahasa dewa dari politik dan pewarnaan. dan, keduanya erat banget sama bi’ah islamiah. alangkah baiknya sebelum meracau lebih jauh, kita definisikan dulu satu-satu.

siyasi, atau politik disini mari kita defisinikan sebagai kegiatan memanajemen sumber daya manusia yang ada untuk ditempatkan pada posisi yang strategis. dimana diharapkan, nantinya dapat berfungsi sebagai pengokoh kebaikan di lingkungan kita.

syi’ar,  sebetulnya gue sendiri gak dapet arti dari syi’ar itu apa. tapi, secara etimologis syi’ar berarti simbol, lambang kebesaran. tapi gue rasa, akan lebih pas kalo dalam bahasan kali ini kita definisikan sebagai sebuah kegiatan untuk mewarnai kehidupan kita dengan bi’ah (nilai-nilai) islam.

kenapa kedua hal ini gue sorot karena, sebetulnya 2 hal ini sangat erat berkaitan, tapi seringkali menjadi tumpang tindih, yang menyebabkan yang satu menghabiskan yang lain.

Struktur Ummat

Hmmm, alangkah baiknya kalo kita melatarbelakangi pembahasan kali ini dengan struktur realitas masyarakat yang ada saat ini.

umumnya, secara garis besar masyarakat dibagi menjadi 2 bagian : eksekutif dan grass root. dan uniknya, masing-masing memiliki fungsi tersendiri di masyarakat.

Read More

Berargumen

Posted by

Pegaruh = Massive. Besar. Booming !

Sebenernya,  judulnya mau TFT. cuma ntar gue keliatan gak kreatif. jadi mendingan gue ganti.

Hari ini, gue ikutan acara training gitu … judulnya TFT (Training for Twelve).

dan acaranya, itu yang pertama ada studi kasus soal

‘Pengganti selanjutnya itu yang baik adalah orang yang Berpengaruh tapi keagamaannya kurang. Apa yang kurang berpengaruh, tapi keagamaannya baik ?’

Read More

3 Ekskul

Posted by

Tiba tiba, dijalan gue pengen cerita soal 3 hal disekolah yang bikin perubaha besar dalam hidup gue. Yah, apalagi kalo bukan ekskul. Ekskul yang bikin gue hitam-legam, keringetan abis, berbadan kekar walau gue tipe cowok ikan asin. Ekskul yang bikin gue dimarahin karena pulang malem, sampe besoknya gue gak dikasih ongkos buat ke sekolah. Ekskul yang buat gue dikelilingi orang orang hebat. Sampai detik ini.

Dan pribadi, Karakter, sudut pandang hidup gue-pun dibangun di 3 ekskul ini.

Read More

Unstable

Posted by

Unstable ? maksudnya buka gak stabil .. tapi gak gak seimbang .. cuma, berhubung basa inggris gw bagaikan telor di lubang hidung .. yah, terpaksa gw pake alakadarnya.

apa yang gak seimbang ? kali ini gw sedang berpikir, ternyata ada banyak … dan semua bermula dari hal hal yang tadinya kita pikirkan bisa dilakukan dengan mudah ternyata, tidak begitu saja mudah dilakukan. hmm, sulit ?

iya, awalnya, waktu regen .. ada beberapa hal yang ingin gw perbuat di DKM, dari mulai acara yang besar, tadarus pagi disekolah, kumpul rutin satu DKM, ubah AD/ART … dan masih banyak … ternyata sulit parah.
Read More