Archive for the ‘Kampus’ Category

Posting dengan Perut Keroncongan

Posted by

Leader and Followersgue kira tulisan ini memang dibuat atas dasar pemikiran dan tradisi merenung semata (karena memang gue tidak bergelut secara kental didalamnya) dan disini kebanyakan, gue bertindak sebagai orang ketiga diluar itu semua.

jadi, ya sok mangga kalo mau dikomen 🙂

 

Catatan : gue tahu, judulnya emang aneh ….. makanya gue jarang mau berpikir ataupun ngapain – ngapain …. terutama kalo LAPER ! jadi, gue sangat berterima kasih bagi yang mau ngasih ide buat judul …..


Siyasi dan Syi’ar

Oke, 2-2nya ini adalah bahasa dewa dari politik dan pewarnaan. dan, keduanya erat banget sama bi’ah islamiah. alangkah baiknya sebelum meracau lebih jauh, kita definisikan dulu satu-satu.

siyasi, atau politik disini mari kita defisinikan sebagai kegiatan memanajemen sumber daya manusia yang ada untuk ditempatkan pada posisi yang strategis. dimana diharapkan, nantinya dapat berfungsi sebagai pengokoh kebaikan di lingkungan kita.

syi’ar,  sebetulnya gue sendiri gak dapet arti dari syi’ar itu apa. tapi, secara etimologis syi’ar berarti simbol, lambang kebesaran. tapi gue rasa, akan lebih pas kalo dalam bahasan kali ini kita definisikan sebagai sebuah kegiatan untuk mewarnai kehidupan kita dengan bi’ah (nilai-nilai) islam.

kenapa kedua hal ini gue sorot karena, sebetulnya 2 hal ini sangat erat berkaitan, tapi seringkali menjadi tumpang tindih, yang menyebabkan yang satu menghabiskan yang lain.

Struktur Ummat

Hmmm, alangkah baiknya kalo kita melatarbelakangi pembahasan kali ini dengan struktur realitas masyarakat yang ada saat ini.

umumnya, secara garis besar masyarakat dibagi menjadi 2 bagian : eksekutif dan grass root. dan uniknya, masing-masing memiliki fungsi tersendiri di masyarakat.

Read More

Rabbani, Tanda Bersyukur

Posted by

Feeding timeSebetulnya ini tulisan buat essay PEGAS 2011 kemaren judulnya ‘Rabbani, Tanda Bersyukur’ …. tapi berhubung lombanya udah selesai, dan supaya bisa banyak yang baca, gue share disini ….

Tahun 1545 – 1548 bisa jadi merupakan 3 tahun yang kelam di Florence, Italia. Alkisah, dimana gereja berkuasa dan kota dipimpin oleh keluarga Medici yang sangat mencintai seni, membuat perayaan, pesta, penggalian agama berdasarkan perspektif Yahudi-Nasrani-Islami merajalela. pesta pora serta teriakkan ‘Panjang umur Dewa Anggur ! Hidup Hasrat Hati’ menggema di seantero kota. hal ini, diperparah dengan kebiasaan paus saat itu yang sangat senang menghambur-hamburkan uang dengan melukis gereja dengan lukisan pelukis terkenal seperti Michaelangelo.

Seorang padri yang berordo Dominikan, Girolamo Savonarola, berdiri menyampikan khutbahnya. mengkritik habis kebiasaan foya-foya penguasa, bersumpah akan menusuk lidah orang yang tertuduh menghujat Tuhan, dan membakar rumah orang yang tidak menghadiri misa.

Read More

Penelitian Ilmiah #2 : Seri UTS

Posted by

Selamat Malam,

Yak, minggu ini dan minggu depan, mahsiswa dikampus professor akan menghadapi Ujian Tengah Semester yang akan mempertaruhkan hidup mereka di akhir nanti.

dan, siang ini setelah professor melihat keadaan murid-murid yang saya ajar, banyak yang stress bahkan ada yang bilang dia mirip sama Julia Peres.

oke-oke. cukup.

berikut adalah komentar yang mereka lontarkan ketika mereka ditanya soalnya UTS yang menurut mereka …. bakal jelek.

  1. UTS Jelek ? Gapapa … Namanya Juga Ujian Tidak Serius
  2. UTS Jelek ? Gapapa … masih ada UAS. toh nilai akhir adalah rata-rata
  3. UTS Jelek ? MAKANYA JANGAN NGEPET SEBELUM TES !!!!!
  4. UTS Jelek ? Tenang …. SNMPTN masih bisa 2x lagi. ganti kampus,ganti nama. mulai hidup baru
  5. UTS Jelek ? Gapapa …. nama kamu ? Bejo ? Gusti …..
  6. UTS Jelek ? Tenang …. Gerbang astri masih buka sampe jam 8
  7. UTS Jelek ? Gapapa yang penting bawaan honda jazz
  8. UTS jelek ? gapapa … Muka ? Morgan SM*SH aja lewat …..
  9. UTS Jelek ? Anak SMA juga tahu BEGO …. matrix 3×3 ga bisa dikaliin 2×3
  10. RAJAM yang buat soal …… RAJAAAAAAAM !!!

 

Saran terakhir yang professor berikan pada mereka adalah, banyak – banyak lah berdoa dan minta ampun.

Ya Allah, buat kunci jawaban yang dipake dosen sama kayak jawaban sayah. amin.

Seputar Kampus

Posted by

Ahahay ! Sudah berabad tidak posting ….

setelah gue check di daftar list posting gue ternyata, gue sangat amat jarang loh posting tentang kampus baru. sebetulnya di draft ada … tapi pas gue check panjang betul … males nerusinnya ah.

dan, kalo ngeliat temen-temen 2011 (khususnya yang IPB) pada posting dengan Euphoria yang berbeda, ada yang galau antara kampus -sekolah, ada yang rame karena beras dirumah gak abis-abis gara gara asrama, ada yang ribet nulis 100 wishlist. disini, disini, disini masih banyak lagi dah.

nah, sebagai insan asrama maba yang baik posting kali ini tentang kampus.

sebetulnya dunia kampus dimulai dengan tidak indah dimata gue.

Read More

Rencana, rencana, dan rencana

Posted by

Hula Pembaca !

Masuk kuliah …. dan gue udah harus berpikir banyak soal masa depan nih. *cieee bahasanya*

karena, semenjak beberapa waktu yang lalu dikepala gue masih tersisa pertanyaan besar … ‘mau jadi apa ?’ gue belum merencanakan apa-apa euy …

jadi inget, waktu mau masuk SMANSA yang gue liat bukan SMANSAnya, tapi DKM Ar-Rahmahnya … “Gue mau belajar bikin website !” Motivasi yang selalu gue dengungkan selama kelas X. sampe ngejar a’arry yang lagi nge-regen waktu itu … *maklum, masih innocent*

kalo ditanya mau masuk mana, jawabnya ‘SMANSA DONG !’, dan itu gue ucapkan tanpa berpikir. Tek ! Impuls nya gak lewat pusat saraf, tapi lewat tulang belakang.

Read More